|
SOAL PENGAYAAN BAHASA INDONESIA
SIAP UNBK 2018
PETUNJUK
KHUSUS
Hitamkan bulatan pada huruf a, b, c, atau d
yang Anda anggap benar pada lembar jawaban yang telah disediakan!
Bacalah
teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d 3!
Dalam lingkungan
hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan
kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan,
stabilitas, dan produktivitas
lingkungan hidup.Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga,
yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik).
Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk
hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya,
yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem
nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur
fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak
hidup, seperti tanah, air, iklim, dan udara. lain Keberadaan
unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Manusia
harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga
kelestariannya.
|
1. Makna kata produktivitas pada teks tersebut adalah ….
A. kemampuan menghasilkan sesuatu
B. mendatangkan manfaat bersama
C. membentuk unsur-unsur baru
D. mendatangkan keuntungan
2.
Pernyataan yang sesuai isi teks tersebut adalah …
A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup manusia
tidak hidup di bumi ini.
B. Unsur abiotik tidak berpengaruh terhadap
kelangsungan hidup manusia.
C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh manusia
untuk kelestarian kehidupan di bumi.
D. Lingkungan hidup meliputi unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik
3.
Simpulan
isi teks tersebut adalah ...
A. Manusia tidak
memanfaatkan seluruh lingkungan hidup.
B. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan
hidup.
C. Lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan
manusia.
D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik memanfaatkan manusia.
Bacalah
teks berikut kemudian
kerjakan soal nomor 4 s.d 6!
|
4. Ide pokok paragraf pertama teks
tersebut adalah…
A. daun lidah buaya
B. tanaman lidah buaya
C. manfaatnya lidah buaya
D. serat bening sebagai daging
5. Kalimat utama paragraf kedua teks
tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
6. Ringkasan teks tersebut adalah
…
A. Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk
mengobati berbagai macam penyakit.
C. Lidah buaya selain bermanfaat juga menjadi
komoditas yang menguntungkan.
D. Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai
komoditas yang menguntungkan.
7. Bacalah
teks berikut!
(1)Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi
masyarakat Indonesia. (2) Membangun saluran
air yang bagus merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. (3) Solusi
seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan. (4) Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan
pembangunan daerah resapan air.
|
Pendapat
yang menyatakan persetujuan pada teks tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8. Bacalah teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Suatu
ketika, Indah terpisah dari rombongan karyawisata. Sudah setengah jam ia
berputar-putar mencari rombongan. Setelah lelah berjalan, ia melihat di
kejauhan rombongan teman-temannya berjalan menuju ke arahnya.
|
Kepulauan Seribu salah satu
tempat tujuan wisata. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta.
Sebelumnya wilayah Kepulauan Seribu merupakan salah satu kecamatan di Kota
Administrasi Jakarta Utara.
|
Perbedaan pola penyajian kedua
teks tersebut adalah …
|
Teks I
|
Teks II
|
A
|
urutan waktu
|
urutan tempat
|
B
|
urutan tempat
|
urutan waktu
|
C
|
urutan sebab-akibat
|
urutan waktu
|
D
|
urutan sebab-akibat
|
urutan waktu
|
9. Bacalah
teks berikut!
1)
Penerbit Wayang menerbitkan buku terbaru yang berjudul Sudah Saatnya Menjadi Penulis Hebat. 2) Buku ini membahas trik untuk menjadi
penulis yang dilengkapi dengan contoh. 3) Judulnya menarik, isinya
lengkap, bahasanya ringan dan mudah dipahami serta bermanfaat bagi pembaca. 4) Hanya
saja buku tersebut menggunakan banyak istilah akademik yang sulit dipahami
pembaca awam.
|
Hal yang menyatakan kelemahan
pada teks tersebut ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah
teks berikut kemudian
kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah
itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan yang duduk di sebelahku, jadi
gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.
“Tolong lindungi saya, Pak,” katanya. ”Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian itu.
Saya tidak ikut-ikutan.”
Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia
menyadari kalau dia sedang berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap
di antara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain
sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.
|
10.
Watak tokoh Aku pada kutipan
teks tersebut adalah ….
A.
perhatian
B.
pemarah
C.
penakut
D.
periang
11.
Amanat teks tersebut adalah …
A. Berani berbuat harus berani bertanggungjawab!
B. Bekerja keras tanpa mengenal kata menyerah!
C. Jangan mudah putus asa dalam menghadapi cobaan!
D. Selalu percaya kepada
Tuhan Yang Mahaesa!
12. Latar tempat pada kutipan teks
tersebut adalah di ….
A.
stasiun
B.
gerbong
C.
terminal
D.
bandara
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 14!
Saat yang kutunggu-tunggu
telah tiba. Terdengar namaku disebut dengan pengeras suara, aku melangkah
pasti menuju depan. Tak lama, tali toga di kepalaku digeser ke kanan, aku
bersalaman dengan Rektor. “Selamat!” ujar Rektorku. Aku mengangguk takzim. Rasa
haru menyesakkan rongga dada. Kudekap erat rangkaian bunga mawar di dadaku.
|
13. Makna simbol kata yang ditulis miring pada teks tersebut adalah ....
A. kemegahan
B. kegembiraan
C. kecantikan
D. kesegaran
14. Nilai moral yang terdapat pada
teks tersebut adalah ….
A. mendengar
B. melangkah
C. bersalaman
D. mendekap
Bacalah
teks berikut kemudian
kerjakan soal nomor 15 dan 16!
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah
dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang
seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang
tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada
gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah
sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi
barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan
ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18.
Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang
terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.
|
15. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks tersebut adalah
...
A. Perasaan
berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
B. Nada
merasa bingung dengan masalah sekolahnya.
C. Kepindahan
tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
D. Nada
merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.
16. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan teks tersebut adalah ...
A. Nada
harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
B. Nada
diam mematung selama satu minggu tanpa berbuat apa pun.
C. Meskipun
merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
D. Ayah
dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah baru untuk Nada.
17.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Tok! Tok! Tok!
“Indah, kenapa kamu seharian ini diam terus di kamar? Keluar, Nak, Ibu khawatir,”
ketukan pintu kamar oleh Ibuku.
“Aku tak apa Ibu, aku hanya ingin istirahat
saja,” jawabku pada Ibu. “Ya sudah, Nak. Kalau begitu jangan lupa
makan ya,” Ibu mengingatkanku.
|
Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil
menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
|
Perbedaan pola pengembangan
kedua teks tersebut adalah diawali dengan ….
|
Teks I
|
Teks II
|
A
|
pengenalan tokoh
|
pengenalan latar
|
B
|
pengenalan latar
|
aksi tokoh
|
C
|
aksi tokoh
|
pengenalan tokoh
|
D
|
pengenalan tokoh
|
aksi tokoh
|
Bacalah
teks berikut kemudian
kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Pak
Umar merasa kasihan terhadap anak tersebut. Diambilnya beberapa lembar uang
dua puluh ribuan lalu diberikannya kepada gadis kecil itu. “Pak maaf, saya
tidak boleh menerima uang jika tidak bekerja,” katanya sambil menggeleng-gelengkan kepala. “Mengapa?” tanya Pak
Umar heran. “Kata Ibu,
saya boleh menerima uang kalau memang
hasil bekerja. Saya tidak boleh meminta belas kasihan dari orang.” Mendengar
perkataan gadis itu, Pak Umar makin terharu. Ia tahu kalau ibu gadis kecil
itu seorang yang berbudi luhur. “Begini saja, kalau memang harus bekerja,
sekarang bantu Bapak beserta keluarga. Tolong kamu bawakan rantang ini. Kita
akan makan bersama di bawah pohon yang rindang itu!” kata Pak Umar ramah. Pak
Umar dan keluarga menuju ke bawah pohon yang rindang tersebut. Mereka pun
menggelar tikar plastik yang baru saja disewanya. Gadis kecil itu pun diajak
untuk makan bersama.
|
18. Komentar yang tepat terhadap isi
teks tersebut adalah …
A. Isi cerita bagus hanya tidak ada
nilai moral yang patut dicontoh.
B. Isi cerita kurang bagus karena
ceritanya terlalu panjang dan bertele-tele.
C. Isi cerita bagus karena
memberi contoh dalam hidup harus mempunyai prinsip.
D. Isi cerita tidak kurang
menarik sehingga dan tidak ada
amanatnya.
19. Tindakan terpuji gadis kecil pada teks tersebut adalah …
A. Mematuhi nasihat ibunya tidak
mau meminta belas kasihan orang lain.
B. Menerima uang pemberian orang
lain tanpa bekerja terlebih dahulu.
C. Membantu orang lain dengan
memberikan makanan.
D. Merasa peduli dengan orang
yang kurang mampu.
20. Perhatikan
kalimat berikut!
Minuman tradisional […] warisan nenek moyang yang
harus dilestarikan.
|
Kata yang tepat untuk melengkapi
kalimat rumpang tersebut adalah ….
A.
menjadikan
B.
merupakan
C.
mengharapkan
D.
mengupayakan
21. Bacalah
teks berikut!
Banyak orang lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri
daripada minuman tradisional. […] Minuman tradisional hanya dapat dijumpai di
tempat dan pada acara tertentu. Diperlukan pengenalan lebih jelas jenis
minuman tradisional kepada masyarakat khususnya remajaIndonesia.
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
A.
Pemerintah telah menghentikan peredaran bahan pengawet
untuk pembuatan minuman tradisional.
B.
Hal
itu disebabkan minuman kemasan ala luar negeri lebih mudah didapat daripada
minuman tradisional.
C.
Pemerintah menggalakkan perlunya minuman produksi luar
negeri untuk dikonsumsi di Indonesia.
D.
Pemerintah sebaiknya menghentikan produksi minuman
tradisional daripada kalah bersaing dengan luar negeri.
22. Bacalah
teks berikut!
(1) Radikal bebas itu merusak susunan protein dalam tubuh.
(2) Salah satunya mampu meningkatkan jumlah oksigen yang
masuk ke dalam tubuh.
(3) Hal itu dapat memicu kanker yang sukar diobati.
(4) Meningkatnya jumlah oksigen dapat
meminimalisir efek radikal bebas.
(5) Berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh
dalam menghadapi serangan penyakit.
(6) Selain itu,
radikal bebas dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya.
|
Susunan kalimat tersebut supaya menjadi
teks laporan yang tepat adalah …
A.
(2)-(1)-(6)-(4)-(5)-(3)
B.
(2)-(5)-(1)-(6)-(4)-(3)
C.
(5)-(2)-(4)-(1)-(3)-(6)
D.
(5)-(3)-(1)-(2)-(4)-(6)
23. Bacalah
teks berikut!
Membuat Puding Kelapa Muda
(1) Setelah mendidih, masukkan agar-agar,
santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok!
(2) Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa
muda,vanili, dan telur lalu kocok!
(3) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat!
(4) Masaklah air sampai
mendidih!
(5)
Tuanglah
ke dalam cetakan!
|
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi petunjuk yang sistematis adalah ….
A.
(2)-(5)-(4)-(1)-(3)
B.
(2)-(4)-(1)-(3)-(5)
C.
(4)-(3)-(2)-(1)-(5)
D.
(4)-(2)-(1)-(3)-(5)
24. Bacalah
teks berikut!
Martha
Christina dihukum dan diasingkan ke Pulau Jawa. Perjalanan Martha Christina
ke Jawa menggunakan kapal Eversten diwarnai pemberontakan melawan Belanda. Ia
melakukan aksi mogok makan. Dengan keberaniannya, ia tetap gigih melawan
pasukan Belanda di dalam kapal. Namun pada akhirnya Martha Christina
meninggal di perjalanan pada tanggal 2 Januari 1818. Pada usianya ke 18
tahun, jasadnya hanya dibuang ke lautan. Atas pengorbanan beliau ia
ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional pada tahun 1969. Di Maluku juga berdiri
monumen untuk mengenang gadis pemberani MarthaChristina.
Diolahdari sumber http://www.biografipahlawan.com |
Hal yang patut
diteladani dari tokoh tersebut adalah ….
A.
pemberani,
gigih
B.
keras
kepala, pemaaf
C.
gigih,
keras kepala
D.
pemberani,
keras kepala
25. Bacalah
teks berikut!
Martha Christina Tiahahu
lahir 4 Januari 1800 di Maluku. Christina adalah putri dari Kapitan Paulus
Tiahahu, seorang kapitan berasal dari negeri Abubu. Ayah Cristina juga
seorang kawan Thomas Matulessy yang juga turut serta dalam perang Patimura
melawan Belanda pada tahun 1817.
Martha
Christina adalah seorang gadis kecil yang sejak masih remaja telah mengikuti
ayahnya dalam rapat pembentukan kubu pertahanan. Dalam usianya yang masih
belia, yaitu 17 tahun Martha Christina berani melawan para penjajah. Dengan
alat yang sangat sederhana, bambu runcing, ia mampu membuat para penjajah
kesulitan menghadapinya. Ikat kepala yang ia gunakan menjadi bukti keberanian
seorang gadis yang masih belasan umurnya.
|
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah …
A.
Pejuang
yang berasal dari daerah Maluku.
B.
Ia anak
dari salah seorang pejuang Maluku.
C.
Masih
usia belasan berani melawan penjajah.
D.
Pejuang yang
selalu menggunakan ikat kepala.
26. Bacalah
teks berikut!
(1) Pilih kelapa yang
masih hijau dan airnya cenderung sedikit!
(2) Cara penggunaannya, ambil kelapa dan
jangan dibuka, namun beri lubang kecil!
(3) Tambahkan garam dapur
seujung sendok!
(4) […]
(5) Setelah mengembun,
ambil air dalam kelapa lalu basuh kulit kelapa sambil lakukan pijatan ringan!
(6) Lakukan hal tersebut
sebelum tidur, setelah dibasuh dengan air kelapa, bungkuslah rambut dengan
handuk hingga pagi!
(7) Basuh rambut dengan
air dingin saat mandi!
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
A. Biarkan
rambut dibungkus dengan handuk!
B. Cuci rambut hingga bersih dan
keringkan!
C. Lalu simpan
kelapa hingga mengembun!
D. Air
kelapa hijau telah siap dipergunakan!
27. Bacalah
teks berikut!
Novel
ini mempunyai tema yang bagus, sehingga dapat membuat pembaca masuk dalam
cerita. […] Jalan ceritanya juga tersusun rapi mulai dari awal hingga akhir.
Serta yang paling penting, novel ini mempunyai pesan moral yang tinggi. Seperti kebanyakan
novel-novel “teenlit”yaitu jalan cerita yang mudah sekali ditebak oleh
pembaca. Serta sedikitnya permasalahan dalam cerita yang ada di novel
tersebut, sehingga terdapat kesan yang kurang seru.
|
Kalimat berisi keunggulan untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
A. Gaya
bahasa yang digunakan mudah dipahami.
B. Penyajian cerita terkesan
monoton dan membosankan.
C. Penggunaan beberapa istilah asing
dirasakan sangat mengganggu.
D. Sistematika penyajian
ceritanya terkesan melompat-lompat.
28. Perhatikan data-data berikut!
- Taman Hutan Rakyat Ir. H.
Juanda
- terletak di Pakar, Cimenyan,
Bandung
- Luas 590 hektare dari Dago
Pakar sampai Maribaya
- konservasi alam sekunder
dengan hutan tanaman
- sekitar 2500 jenis tanaman
yang terdiri atas 40 familia dan 112 spesies
|
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data
tersebut yang
tepat adalah …
A. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah taman wisata. Luas taman itu 590 hektare. Taman tersebut merupakan kawasan konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman. Terdapat 2500 jenis spesies yang terdiri atas 40 familia dan 112 species.
B. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda letaknya di Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Luas taman itu 590 hektare membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya. Taman tersebut merupakan kawasan konservasi
alam sekunder dengan hutan tanaman. Tempat wisata dengan berbagai jenis hutan tanaman.
C. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda letaknya
di Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Luas taman itu
590 hektare membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya. Taman tersebut merupakan kawasan konservasi
alam sekunder dengan hutan tanaman. Terdapat banyak jenis tanaman.
D. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda letaknya di Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Luas taman
itu 590 hektare membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya. Taman
tersebut merupakan kawasan konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman. Terdapat 2500 jenis spesies yang terdiri atas 40 familia dan 112 species.
29. Perhatikan
data-data berikut!
Judul : Lincah Menulis Pandai Bicara
Penulis : Asep Syamsul M. Romli
Penerbit :
Nuansa Cendekia
Keunggulan :
Kelemahan :
Kertas tipis sehingga tulisan sebaliknya membayang.
|
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi
tersebut adalah ...
A.
Asep
Syamsul M. Romli ini mengupas teknik menulis dan pandai bicara secara mendetail
setahap demi tahap. Sangat cocok untuk pemula yang ingin terampil menulis dan berbicara.
Setiap tahapan dilengkapi dengan contoh. Kertas yang digunakan sangat tipis
sehingga tulisan sebaliknya membayang.
B.
Tujuan
penulis buku ini memberikan bekal kepada para penulis dan pembicara pemula. Ia
mengupas teknik menulis dan pandai bicara secara mendetail setahap demi tahap.
Sangat cocok untuk pemula yang ingin terampil menulis dan berbicara. Setiap
tahapan dilengkapi dengan contoh. Dijamin setelah membaca buku ini, pembaca
akan terampil menulis dan berbicara.
C.
Buku
karya Asep Syamsul M. Romli ini mengupas teknik menulis dan pandai bicara
secara mendetail setahap demi tahap. Sangat cocok untuk pemula yang ingin
terampil menulis dan berbicara. Setiap tahapan dilengkapi dengan contoh. Kertas
yang digunakan sangat tipis sehingga tulisan sebaliknya membayang itu tertutup
dengan penggunaan bahasa yang mudah dipahami.
D.
Buku
karya Asep Syamsul M. Romli ini mengupas teknik menulis dan pandai bicara
secara mendetail setahap demi tahap. Sangat cocok untuk pemula yang ingin
terampil menulis dan berbicara. Kertas yang digunakan cukup bagus dan
tulisannya jelas dibaca tidak membayang. Penggunaan bahasanya juga sangat mudah
dipahami ditambah ilustrasi gambar yang menarik.
30. Perhatikan
kalimat berikut!
Sepanjang
musim panas mereka meninggikan makanan untuk persediaan musim dingin.
|
Kesalahan
penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ...
A. sepanjang
B. meninggikan
C. makanan
D. persediaan
31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Komite Boemipoetra melancarkan
kritik terhadap Pemerintah Belanda.
2) Dia menyukai permainan bulu
tangkis sejak dulu dari kecil.
3) Adam Malik lahir di
Pematangsiantar, Sumatera Utara.
4) Adam Malik
adalah anak ketiga dari sepuluh bersaudara.
|
Kalimat yang tidak efektif
ditandai nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
32. Bacalah teks berikut!
(1)Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal Ibu Kartini
merupakan keturunan keluarga terpandang Jawa. (2)
Kartini salah
satu nama temanku di sekolah. (3) Sifatnya
yang pemikir dan inovatif membuatnya ingin terus melanjutkan sekolah ke jenjang
yang lebih tinggi. (4)
Sayangnya, ayahnya tidak
memberikan izin Kartini melanjutkan sekolah.
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditandai
nomor ….
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
33. Perhatikan
kalimat berikut!
Pasar Badung merupakan salah satu pasar tradisional di Bali, khususnya di
Denpasar yang menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh kalangan turis […] maupun
asing.
|
Istilah yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. asing
B. domestik
C. internasional
D. mancanegara
34. Perhatikan kalimat
berikut!
Ikan yang dipelihara di
kolam tersebut, […] daya tarik pengunjung Desa Wisata Bunga.
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. merasa
B. menarik
C. menambah
D. membiarkan
35.
Perhatikan kalimat
berikut!
Kegiatan itu diakhiri dengan […]
kado sebagai kenang-kenangan.
|
Kata ulang yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
tukar-tukar
B.
tukar-tukaran
C.
tukaran-tukaran
D. menukar-nukar
36. Perhatikan
kalimat berikut!
Selain menyemai tanaman hias, warga juga
memelihara ikan di kolam kecil yang
sengaja dibuat di sekitar rumah mereka.
|
Perbaikan kata menyemai pada kalimat tersebut yang
tepat adalah ….
A.
menanam
B.
menyiram
C.
memupuk
D.
memelihara
37. Bacalah
teks berikut!
"Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan
oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang bertajuk
'Mario Teguh Golden Ways'. Terkenal sebagai sponsor terbaik di Indonesia yang memiliki kepribadian yang cerdas serta
mampu memotivasi banyak orang melalui rangkaian
kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang.
|
Perbaikan penggunaan istilah sponsor pada teks tersebut yang tepat
adalah ….
A. kurator
B. operator
C. motivator
D. promotor
38.
Perhatikan kalimat
berikut!
Tanaman hias tersebut bukan
hanya cuma sekedar
penghias halaman rumah, tetapi juga untuk dijual sebagai sumber penghasilan
penduduk.
|
Perbaikan kalimat tersebut supaya
menjadi kalimat efektif adalah menghilangkan kata …
A. bukan, cuma
B. hanya, cuma
C. hanya, tetapi
D. tetapi, sumber
39.
Bacalah teks
berikut!
(1) Banjir
sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. (2) Pemerintah pun berjuang keras untuk mengatasi banjir
tersebut. (3) Hujan tadi malam telah menyebabkan banjir. (4) Selain itu, juga
digalakkan pembuatan daerah resapan air.
|
Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti
kalimat nomor (3) menjadi ...
A. Curah hujan yang tinggi dapat
menimbulkan banjir.
B. Daerah yang rawan banjir
biasanya terletak di sepanjang sungai.
C. Cara mengatasinya dengan membangun saluran air yang bagus.
D. Banjir yang terjadi akan
merugikan masyarakat dan pemerintah.
40. Perhatikan
kalimat berikut!
Para perenang menikmati
keindahan bawah laut yang tidak akan ditemukan di tempat lain.
|
Alasan ketidaktepatan penggunaan
kata pada kalimat tersebut adalah …
- kata tidak seharusnya bukan
- kata laut seharusnya samodera
- kata ditemukan seharusnya ditatap
- kata perenang seharusnya penyelam
41. Perhatikan
kalimat berikut!
Taman
Nasional Wakatobi memiliki potensi sumber daya alam laut yang bernilai tinggi
baik jenis dan keunikannya, dengan panorama bawah laut yang sangat
menakjubkan
sekali.
|
Alasan ketidakefektifan kalimat
tersebut adalah …
- Kata menakjubkan tidak
diperlukan karena membingungkan.
- Kata sekali tidak perlu
digunakan karena sudah ada kata sangat.
- Kata potensi tidak
diperlukan sehingga dapat dihilangkan.
- Kata panorama tidak perlu
ditulis karena bermakna ganda.
42.
Bacalah teks berikut!
(1) Sejak kecil Rudy digembleng ayahnya berlatih bulutangkis. (2) Pagi buta, saat
semua orang masih terlelap dalam peraduan, Rudy sudah berlatih fisik dengan
berlari sejauh puluhan kilometer. (3) Bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga.
(4) Rudy mengaku kehilangan
masa kanak-kanak dan remajanya untuk meraih prestasi. Namun, Rudy tidak menyesal karena jerih payahnya itu
telah mengukir namanya mengharumkan nama Indonesia.
|
Alasan ketidakpaduan paragraf
tersebut adalah karena kalimat nomor ….
A. (1) tidak berkaitan dengan
kalimat (2), (3), (4)
B. (2) tidak berkaitan
dengan kalimat (1), (3), (4)
C. (3) tidak berkaitan
dengan kalimat (1), (2), (4)
D. (4)tidak berkaitan dengan
kalimat (1), (2), (3)
43.
Perhatikan kalimat berikut!
Drs. Suyadi atau Raden Soejadi lahir pada tanggal 28
Nopember
1932 di desa
Puger, Jember, Jawa Timur.
|
Kesalahan penggunaan ejaan pada
kalimat tersebut pada kata .…
- Drs. Suyadi
- lahir, tanggal
- desa Puger
- Nopember, desa
44. Perhatikan
kalimat berikut!
“Ibu, cara membuat nasi goreng gimana!” tanya Fatimah dengan manja.
|
Kesalahan penggunaan tanda baca
pada kalimat tersebut adalah …
- tanda tanya (.) seharusnya tanda seru (?)
- tanda tanya (.) seharusnya tanda koma (!)
- tanda titik (!) seharusnya tanda tanya (?)
- tanda titik (!) seharusnya tanda seru (.)
45. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1) Upacara bendera dilaksanakan
setiap hari Senen.
(2) Pemimpin memberikan tauladan
kepada anak buahnya.
(3) Sejak Februari 2016, ayahnya
resmi mengundurkan diri.
(4) Kiprah Rudy Hartono di dunia bulu tangkis
mengharumkan nama bangsa Indonesia.
|
Penggunaan ejaan yang tepat pada
kalimat tersebut ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Perhatikan
kalimat berikut!
“Sabar Fir, sabar. Kamu harus
ikhlas,” ucap Lila menenangkan Fira.
|
Penggunaan tanda
baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
- “Sabar Fir sabar.
Kamu harus ikhlas” ucap Lila menenangkan Fira.
- “Sabar Fir, sabar.
Kamu harus ikhlas” ucap Lila menenangkan Fira.
- “Sabar Fir, sabar.
Kamu harus ikhlas,” ucap Lila menenangkan Fira.
- “Sabar Fir, sabar.
Kamu harus ikhlas, ucap Lila menenangkan Fira.”
47. Perhatikan
kalimat berikut!
Kios photocopy dan apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
|
Perbaikan ejaan pada
kalimat tersebut
yang tepat adalah …
A. Kios
photocopi dan Apotik Sehat
beralamat di Jalan Sunan
Bonang.
B. Kios
photokopi dan Apotik Sehat
beralamat di Jalan
Sunan Bonang.
C. Kios
fotokopi dan Apotek Sehat
beralamat di Jalan Sunan
Bonang.
D. Kios
fotocopy dan Apotek Sehat
beralamat di Jalan Sunan
Bonang
48. Perhatikan
kalimat berikut!
Sebelum
mengikuti ujian saya membeli
alat-alat menulis pulpen, penggaris dan pensil.
|
Perbaikan penggunaan tanda baca
koma pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Sebelum
mengikuti ujian saya membeli
alat-alat menulis: pulpen, penggaris dan pensil.
B. Sebelum
mengikuti ujian,
saya membeli
alat-alat menulis: pulpen, penggaris, dan
pensil.
C. Sebelum
mengikuti ujian saya membeli
alat-alat menulis; pulpen, penggaris dan pensil.
D. Sebelum
mengikuti ujian saya membeli
alat-alat menulis; pulpen, penggaris dan pensil.
49. Perhatikan
teks berikut!
Pada tanggal 30 Oktober 2015 pukul 22.00, Pak Raden
atau Drs. Suyadi menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Pelni karena
penyakit sendi. Ia dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta pada tanggal 31
Oktober 2015.
|
Alasan ketidaktepatan penggunaan
ejaan pada teks tersebut adalah ….
A. Kata
napas
seharusnya ditulis nafas supaya
sesuai kaidah EYD.
B. Kata
sendi
seharusnya ditulis Sendi
karena nama penyakit.
C. Kata
rumah
sakit seharusnya ditulis
Rumah Sakit karena diikuti nama diri.
D. Kata
dimakamkan
seharusnya ditulis di makamkan karena di
adalah kata depan.
50. Perhatikan kalimat berikut!
"Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas
kebaikanmu?" kata Tikus.
|
Alasan
ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. tanda tanya (?) tidak tepat
digunakan seharusnya tanda (,)
B. tanda tanya (?) setelah kata kebaikanmu
diganti tanda seru (!)
C. tanda tanya (?) setelah kata kebaikanmu tidak tepat penggunaannya
D. tanda tanya (?) tidak tepat
digunakan karena bukan kalimat tanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar