Minggu, 09 Desember 2012

Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mapel Bahasa Indonesia untuk SD Kelas I-VI


KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH DASAR KELAS I - VI


KELAS I
KOMPETENSI INTI
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3 Membacakan doa dengan pengucapan yang baik
1.4 Mendengarkan cerita dan puisi tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk hidup dan lingkungannya)
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1 Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
2.2 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1 Mengenali melalui pengamatan terhadap objek, bentuk benda, wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar rumah, jalan, dan sekolah
3.2 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
3.3 Memahami cara melafalkan kata dan kalimat dengan benar
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1 Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh  dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan
4.2 Menceritakan hasil pengamatan di rumah, jalan, sekolah dengan kalimat sederhana
4.3 Berbicara spontan tentang diri
4.4 Menanggapi cerita dongeng binatang (fabel) dan menjelaskan apa yang akan dilakukan seandainya menjadi salah satu tokoh dalam cerita.
4.5 Mengamati tentang diri, makhluk hidup dan benda di sekitar dan menceritakan kepada orang lain
4.6 Mengamati contoh penulisan kata sebagai keterangan gambar, bercerita dan menyalin kata
4.7 Menulis kalimat pendek (2–4 kata) yang didiktekan guru dengan huruf  lepas
4.8 Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
4.9 Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)


KELAS II

KOMPETENSI INTI
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,  dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

3.1 Mendengarkan  pesan pendek,  larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
3.2 Membacakan kalimat sederhana dan puisi anak-anak (dengan lafal dan intonasi yang tepat) dan menjelaskan isi
3.3 Mendengarkan cerita tentang kegiatan sehari-hari, gambaran tentang alam sekitar, dan memahami isinya

4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1 Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan
4.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
4.3 Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
4.4 Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
4.5 Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepadateman, anggota keluarga
4.6 Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
4.7 Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
4.8 Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang  terang)
4.9 Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)


KELAS III
KOMPETENSI INTI
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
2.1 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1 Mendengarkan petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman teman dan mengajukan pertanyaan
3.2 Mendengarkan penjelasan  tentang perubahan cuaca dan musim serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dan menanggapinya dengan menulis pertanyaan
3.3 Membaca dongeng, puisi anak-anak dan mengungkapkan kembali dalam permainan peran
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1   Menggunakan dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan untuk menuliskan kembali dalam beberapa kalimat sederhana
4.2   Menulis dalam satu paragraf sederhana dan puisi berdasarkan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya
4.3   Berbicara spontan tentang diri sendiri, keluarga, dan sekolah
4.4   Menjelaskan secara lisan bagan, gambar tentang daur hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dengan bahasa yang runtut
4.5   Mengidentifikasi dan menjelaskan secara lisan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak ) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6   Menjelaskan secara lisan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan menuliskan saran pemecahan dalam beberapa kalimat 
4.7   Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan dan menang gapinya secara tertulis dengan kalimat [( ”Seandainya saya _____, saya akan _______.”) sebagai seseorang yang berprofesi tertentu]
4.8   Menuliskan pesan singkat kepada teman-teman
4.9   Mengamati daur hidup hewan (kupu-kupu, katak, capung, belalang) dan melaporkan hasil pengamatan secara tertulis dalam bentuk uraian, bagan, gambar
4.10 Mengidentifikasi berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan menjelaskan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari secara lisan dan tulis

KELAS IV
KOMPETENSI INTI
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.       Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1 Mendengarkan informasi berdasarkan penjelasan mengenai denah
3.2 Mendengarkan pengumuman yang dibacakan, dialog yang mengandung tawaran, larangan, teguran, pemberitahuan dan menuliskan kembali intinya dalam satu atau dua kalimat
3.3 Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
3.4 Membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat dan melakukannya
3.5 Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
3.6 Membaca cerita rakyat dan menjelaskan isinya (tokoh, tempat, amanat)
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
·     Menjelaskan kembali  isi   informasi yang disampaikan dalam bentuk denah (dengan membuat denah)
·     Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat yang tepat
·     Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar
·     Menjelaskan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
·     Membaca naskah drama anak-anak (tentang berbagai topik) dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai
·     Bermain  peran sebagai figur tertentu (dokter, guru, pedagang sayur, polisi, dsb.) yang  sedang berbicara.
·     Menjelaskan secara lisan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi dengan menggunakan peta dan atlas
·     Mewawancara teman satu sekolah untuk mengumpulkan informasi tentang identitas diri (nama-nama suku bangsa), istilah kekerabatan, nama pakaian tradisional, nama makanan khas, dsb. dan menuliskannya ke dalam tabel.
·     Mengamati dan mendeskripsikan secara lisan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
·     Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menyelidiki hubungan antara  gaya, gerak, dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan hasil penyelidikan secara tertulis

KELAS V
KOMPETENSI INTI
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1 Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1 Mendengarkan peristiwa di lingkungan sekitar dan mengemukakan secara tertulis pendapat tentang peristiwa itu
3.2 Mendengarkan karya sastra (pantun anak-anak atau cerita rakyat)  dan mengungkapkan kembali isinya secara tertulis
3.3 Memahami isi teks percakapan dan membacakan teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat serta menuliskan kesimpulan isinya dalam beberapa kalimat
3.4 Membaca dan menemukan informasi penting teks dengan cepat (75 kata per menit)
3.5 Membaca dan menemukan informasi tertentu dari teks (buku telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dsb.)
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1 Menjelaskan  hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan
4.2   Bercerita tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dalam aktivitas ekonomi dalam konteks nasional
4.3   Berbalas pantun dengan teks yang sudah dipersiapkan
4.4   Mendiskusikan tentang organ tubuh manusia dan fungsinya dan  bagaimana menjaga kesehatan (pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah)
4.5   Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam membuat suatu karya dan menjelaskan cara kerjanya secara lisan
4.6   Menjelaskan secara tertulis jenis bencana alam di Indonesia dan upaya penanggulangannya serta mengungkapkan pengandaian diri sebagai relawan pada jenis bencana alam  tertentu
4.7   Menulis karangan tentang berbagai topik
4.8   Menulis surat resmi (mengundang sekolah lain untuk kegiatan tertentu)
4.9   Menyusun  dialog antara dua orang  tokoh
4.10      Menulis ringkasan  artikel  
4.11      Menulis laporan berdasarkan hasil pengamatan/kunjungan suatu objek
4.12      Menulis pantun (kerukunan, kerja keras, toleransi, persahabatan, dsb.)
4.13      Mendeskripsikan secara lisan kerusakan alam akibat aktivitas manusia dan upaya pencegahannya

KELAS VI
KOMPETENSI INTI
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1   Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2   Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3   Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1 Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara tertulis
3.2  Mendengarkan atau membaca drama anak-anak dan menjelaskan secara lisan tokoh, latar, tema,dan amanat serta memerankannya
3.3  Membaca laporan hasil kunjungan ke tempat produk-produk unggulan lokal dan menyajikan hasil pengamatan secara lisan
3.4  Membaca dan mengajukan pendapat secara tertulis informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran, dsb.)  
3.5  Membaca  teks tentang berbagai peristiwa (gejala alam, pencemaran, perubahan iklim), mengajukan pertanyaan, meringkas, dan mengajukan pendapat secara tertulis
3.6  Membaca artikel yang berisi tabel atau grafik tentang barang-barang yang diperdagangkan dari dan ke luar Indonesia dan menarasikannya
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1   Menyampaikan pesan atau informasi dari berbagai media (cetak dan elektronik)  dengan bahasa yang runtut
4.2   Membacakan puisi karya sendiri  dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat  
4.3   Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota,  daftar riwayat hidup, dsb.)
4.4   Menyusun naskah pidato atau sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dsb.) 
4.5   Menulis karangan tentang dampak positif dan negatif dari masuknya budaya asing ke Indonesia
4.6   Mengungkapkan secara lisan tindakan yang akan dilakukan seandainya menjadi seorang tokoh atau pemimpin dalam menetapkan pilihan saat menghadapi berbagai perbedaan
4.7   Mengamati dan menyusun laporan tentang peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan) pada hewan, dan cara penyesuaian diri terhadap lingkungan terkait dengan bentuk tubuh
4.8   Melakukan penyelidikan sederhana dan menulis laporan tentang perubahan bentuk energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan
4.9   Membaca teks dan mendiskusikan cara-cara mengelola usaha koperasi
4.10Menceritakan kebanggaan penggunaan produk nasional
4.11Mengenal dan menceritakan produk unggulan di daerahnya (provinsi)
4.12Membaca  teks tentang gejala alam di Indonesia dan mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan dalam diskusi
4.13Menulis puisi tentang lingkungan sekitar

 Sumber : disarikan dari sana sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar