KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA
SEKOLAH DASAR KELAS I - VI
KELAS I
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3 Membacakan doa dengan pengucapan
yang baik
1.4
Mendengarkan
cerita dan puisi tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk
hidup dan lingkungannya)
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam
mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri,
bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
2.2 Menyapa dan
menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan
konteksnya
2.3 Menunjukkan
perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang
sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenali melalui pengamatan terhadap objek, bentuk
benda, wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar rumah,
jalan, dan sekolah
3.2 Memahami isi
cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain dengan penuh perhatian dan mengajukan
pertanyaan
3.3 Memahami
cara melafalkan kata dan kalimat dengan benar
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan
menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola
hidup sehat, lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan
4.2
Menceritakan hasil pengamatan di rumah, jalan,
sekolah dengan kalimat sederhana
4.3
Berbicara spontan tentang diri
4.4
Menanggapi cerita dongeng binatang (fabel) dan
menjelaskan apa yang akan dilakukan seandainya menjadi salah satu tokoh dalam
cerita.
4.5
Mengamati tentang diri, makhluk hidup dan benda di
sekitar dan menceritakan kepada orang lain
4.6
Mengamati contoh penulisan kata sebagai keterangan
gambar, bercerita dan menyalin kata
4.7
Menulis kalimat pendek (2–4 kata) yang didiktekan
guru dengan huruf lepas
4.8
Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang
benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang terang)
4.9
Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar
(cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku,
dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)
|
KELAS II
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3
Mengucapkan
doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
2.1 Menyapa dan
menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan
konteksnya
2.2
Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3
Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan
kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mendengarkan
pesan pendek, larangan,
permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan
yang sesuai
3.2 Membacakan
kalimat sederhana dan puisi anak-anak (dengan lafal dan intonasi yang tepat)
dan menjelaskan isi
3.3 Mendengarkan
cerita tentang kegiatan sehari-hari, gambaran tentang alam sekitar, dan
memahami isinya
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan
4.2
Menceritakan kegiatan sehari-hari yang
menerapkan pola hidup hemat energi
4.3
Berbicara
spontan tentang diri sendiri dan keluarga
4.4
Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan
sekitar dan menceritakan pengalamannya
4.5
Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas,
kerjabakti, dsb.) kepadateman, anggota keluarga
4.6 Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas
makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara
lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
4.7
Menulis kalimat
sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak
bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
4.8
Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang
benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, memilih tempat dengan cahaya yang
terang)
4.9
Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar
(cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku,
dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)
|
KELAS III
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3
Mengucapkan
doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru
|
2.1 Menyapa dan
menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan
konteksnya
2.2 Gemar
menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain
berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku
hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4 Menunjukkan
kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mendengarkan petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman teman dan mengajukan pertanyaan
3.2 Mendengarkan
penjelasan tentang perubahan cuaca dan
musim serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dan menanggapinya dengan menulis pertanyaan
3.3 Membaca dongeng, puisi anak-anak dan mengungkapkan kembali dalam
permainan peran
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menggunakan
dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan untuk
menuliskan kembali dalam beberapa kalimat sederhana
4.2
Menulis dalam satu paragraf sederhana dan puisi
berdasarkan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya
4.3
Berbicara
spontan tentang diri sendiri, keluarga, dan sekolah
4.4 Menjelaskan secara lisan bagan,
gambar tentang daur hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan menunjukkan
kepedulian terhadap makhluk hidup dengan bahasa yang runtut
4.5 Mengidentifikasi dan menjelaskan
secara lisan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak ) dan kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.6
Menjelaskan secara lisan permasalahan yang ada di
lingkungan sekitar dan menuliskan saran pemecahan dalam beberapa kalimat
4.7
Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan dan menang gapinya secara tertulis dengan kalimat [(
”Seandainya saya _____, saya akan _______.”) sebagai seseorang yang
berprofesi tertentu]
4.8
Menuliskan pesan singkat kepada teman-teman
4.9 Mengamati daur hidup hewan (kupu-kupu, katak,
capung, belalang) dan melaporkan hasil pengamatan secara tertulis dalam
bentuk uraian, bagan, gambar
4.10 Mengidentifikasi berbagai bentuk
energi (panas, listrik, gerak) dan menjelaskan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari secara lisan dan tulis
|
KELAS IV
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3
Mengucapkan
doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta
cinta tanah air.
|
2.1 Menyapa dan
menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan
konteksnya
2.2
Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3
Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam
kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain
|
3.1
Mendengarkan informasi berdasarkan penjelasan
mengenai denah
3.2
Mendengarkan pengumuman yang dibacakan, dialog yang
mengandung tawaran, larangan, teguran, pemberitahuan dan menuliskan kembali
intinya dalam satu atau dua kalimat
3.3
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat
pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
3.4
Membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat dan
melakukannya
3.5
Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus
/ensiklopedia
3.6
Membaca cerita rakyat dan menjelaskan isinya (tokoh,
tempat, amanat)
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
·
Menjelaskan
kembali isi informasi yang disampaikan dalam bentuk
denah (dengan membuat denah)
·
Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat yang tepat
·
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan
menggunakan ejaan yang benar
·
Menjelaskan secara lisan petunjuk penggunaan suatu
alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
·
Membaca naskah drama anak-anak
(tentang berbagai topik) dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai
·
Bermain
peran sebagai figur tertentu (dokter, guru,
pedagang sayur, polisi, dsb.) yang
sedang berbicara.
·
Menjelaskan
secara lisan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk
kegiatan ekonomi dengan menggunakan peta dan atlas
·
Mewawancara teman satu sekolah untuk mengumpulkan informasi tentang
identitas diri (nama-nama suku bangsa), istilah kekerabatan, nama pakaian
tradisional, nama makanan khas, dsb. dan menuliskannya ke dalam tabel.
· Mengamati dan mendeskripsikan secara lisan bentuk luar (morfologi)
tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
· Menyelidiki dan menuliskan hasil penyelidikan secara tertulis
sifat benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
· Menyelidiki hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan hasil penyelidikan secara
tertulis
|
KELAS V
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3
Mengucapkan
doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
2.1 Menyapa
orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan
maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar
menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain
berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku
hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
3.1
Mendengarkan peristiwa di lingkungan sekitar dan
mengemukakan secara tertulis pendapat tentang peristiwa itu
3.2
Mendengarkan karya sastra (pantun anak-anak atau
cerita rakyat) dan mengungkapkan
kembali isinya secara tertulis
3.3
Memahami isi teks percakapan dan membacakan teks
percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat serta menuliskan kesimpulan
isinya dalam beberapa kalimat
3.4
Membaca dan menemukan informasi penting teks dengan
cepat (75 kata per menit)
3.5
Membaca dan menemukan informasi tertentu dari teks
(buku telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dsb.)
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Menjelaskan hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan
4.2 Bercerita
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dalam
aktivitas ekonomi dalam konteks nasional
4.3 Berbalas
pantun dengan teks yang sudah dipersiapkan
4.4 Mendiskusikan
tentang organ tubuh manusia dan fungsinya dan
bagaimana menjaga kesehatan (pencernaan, pernapasan, dan peredaran
darah)
4.5 Menerapkan
sifat-sifat cahaya dalam membuat suatu karya dan menjelaskan cara kerjanya
secara lisan
4.6 Menjelaskan
secara tertulis jenis bencana alam di Indonesia dan upaya penanggulangannya
serta mengungkapkan pengandaian diri sebagai relawan pada jenis bencana
alam tertentu
4.7 Menulis
karangan tentang berbagai topik
4.8 Menulis
surat resmi (mengundang sekolah lain untuk kegiatan tertentu)
4.9 Menyusun dialog antara dua orang tokoh
4.10 Menulis
ringkasan artikel
4.11 Menulis
laporan berdasarkan hasil pengamatan/kunjungan suatu objek
4.12 Menulis
pantun (kerukunan, kerja keras, toleransi, persahabatan, dsb.)
4.13
Mendeskripsikan secara lisan kerusakan alam akibat
aktivitas manusia dan upaya pencegahannya
|
KELAS VI
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1 Menyapa
orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan
maaf sesuai dengan konteksnya
2.2
Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3
Berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari
2.4
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan
cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara
tertulis
3.2 Mendengarkan atau membaca drama anak-anak dan menjelaskan
secara lisan tokoh, latar, tema,dan amanat serta memerankannya
3.3 Membaca laporan hasil kunjungan ke tempat
produk-produk unggulan lokal dan menyajikan hasil pengamatan secara lisan
3.4 Membaca dan mengajukan pendapat secara tertulis
informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran, dsb.)
3.5 Membaca
teks tentang berbagai peristiwa (gejala alam, pencemaran, perubahan
iklim), mengajukan pertanyaan, meringkas, dan mengajukan pendapat secara
tertulis
3.6 Membaca artikel yang berisi tabel atau grafik
tentang barang-barang yang diperdagangkan dari dan ke luar Indonesia dan
menarasikannya
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Menyampaikan pesan atau
informasi dari berbagai media (cetak dan elektronik) dengan bahasa yang runtut
4.2
Membacakan puisi karya
sendiri dengan lafal, intonasi dan
ekspresi yang tepat
4.3
Mengisi formulir (pendaftaran,
kartu anggota, daftar riwayat hidup,
dsb.)
4.4
Menyusun naskah pidato atau
sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dsb.)
4.5
Menulis karangan tentang dampak
positif dan negatif dari masuknya budaya asing ke Indonesia
4.6
Mengungkapkan secara lisan
tindakan yang akan dilakukan seandainya menjadi seorang tokoh atau pemimpin
dalam menetapkan pilihan saat menghadapi berbagai perbedaan
4.7
Mengamati dan menyusun laporan
tentang peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan) pada hewan, dan cara
penyesuaian diri terhadap lingkungan terkait dengan bentuk tubuh
4.8
Melakukan penyelidikan
sederhana dan menulis laporan tentang perubahan bentuk energi dan pemanfaatannya
dalam kehidupan
4.9
Membaca teks dan mendiskusikan
cara-cara mengelola usaha koperasi
4.10Menceritakan kebanggaan penggunaan produk nasional
4.11Mengenal dan menceritakan produk unggulan di daerahnya (provinsi)
4.12Membaca teks tentang gejala alam
di Indonesia dan mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan dalam diskusi
4.13Menulis puisi tentang lingkungan sekitar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar