Indikator Esensial Uji Kompetensi Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Jenjang Pendidikan SMP
1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
|
Indikator Esensial
|
1.1.1 memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan
dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,moral,spiritual,dan latar
belakang sosial-budaya
|
1. Diberi
jenis karakteristik peserta didik dalam pembelajaran bahasa
|
1.1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran
yang diampu.
|
2. Diberi
kasus peserta didik dengan potensi tertentu dalam pembelajaran bahasa
|
1.1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu.
|
3. Diberi
suatu topik pembelajaran bahasa Indonesia untuk pembelajaran teks tertentu,
guru dapat menentukan bekal-ajar awal yang diperlukan peserta didik
|
1.1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu.
|
4. Diberi
contoh tulisan siswa yang mengandung kesalahan tertentu, guru dapat
menentukan kesulitan peserta didik dalam mempelajari keterampilan berbahasa
|
1.2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
5. Diberi
ciri-ciri teori belajar tertentu dalam pembelajaran bahasa
|
1.2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran
yang diampu.
|
6. Diberikan
suatu rumusan KD, indikator atau tujuan pembelajaran bahasa Indonesia
tertentu, guru dapat menentukan pendekatan, strategi, metode, atau teknik
pembelajaran yang akan dipergunakan.
|
1.3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
|
7. Diberi
pertanyaan tentang prinsip pengembangan kurikulum, guru dapat menentukan
pilihan yang bukan termasuk prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
|
1.3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
|
8. Diberi
suatu rumusan indikator pencapaian suatu KD pembelajaran bahasa Indonesia
tertentu, guru dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran yang sesuai.
|
1.3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
|
9. Diberi
suatu rumusan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia tertentu, guru dapat
menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.
|
1.3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait
dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
|
10. Diberi
suatu rumusan tujuan dan pengalaman belajar bahasa Indonesia tertentu, guru
dapat menentukan materi pembelajaran yang sesuai.
|
1.3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai
dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
|
11. Diberi
suatu deskripsi pendekatan yang dipilih dan karakteristik pembelajar bahasa
|
1.3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
|
12. Diberi
suatu rumusan indikator pencapaian suatu KD atau tujuan pembelajaran bahasa
Indonesia tertentu, guru dapat menentukan teknik dan instrumen penilaian yang
dikembangkan.
|
1.4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran
yang mendidik.
|
13. Diberi
pernyataan tentang rancangan pembelajaran, guru dapat menentukan pilihan
langkah-langkah rancangan pembelajaran.
|
1.4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan
pembelajaran.
|
14. Diberi
deskripsi suatu komponen RPP, guru dapat menentukan pilihan yang
menggambarkan pengembangan komponen tersebut.
|
1.4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik
untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
|
15. Diberi
standar kompetensi dan kompetensi dasar, guru dapat mengembangkan
indikatornya
|
1.4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan.
|
16. Diberi
indikator sebuah pembelajaran, guru dapat menentukan Eksplorasi, Elaborasi,
dan Konfirmasi dari sebuah kegiatan pembelajaran.
|
1.4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar
yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang
diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
|
17. Diberikan
deskripsi karakteristik pembelajaran bahasa
|
1.4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran
yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.
|
18. Diberi
suatu kasus pembelajaran bahasa
|
1.5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
dalam pembelajaran yang diampu.
|
19. Diberi
deskripsi kegiatan pembelajaran keterampilan bahasa
|
1.6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
|
20. Diberikan
deskripsi karakteristik pembelajar bahasa
|
1.6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
|
21. Diberikan
rumusan pembelajaran, guru dapat menentukan kegiatan yang mencerminkan
aktualisasi potensi dan kreativitsnya
|
1.7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
|
22. Diberikan
tujuan pembelajaran, guru dapat mengidentifikasi strategi komunikasi pembelajaran
|
1.8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang
diampu.
|
23. Ditanyakan
karakteristik tes bahasa yang baik, guru dapat menentukan pilihan ciri-ciri
tes yang baik
|
1.8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang
penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran yang diampu.
|
24. Ditanyakan
aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam suatu kegiatan pembelajaran (misalnya
Group Discussion), guru dapat menentukan aspek-aspek proses yang penting
untuk dinilai
|
1.8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses
dan hasil belajar.
|
25. Dijabarkan
sebuah pembelajaran keterampilan berbicara, guru dapat mengidentifikasi
karakter penilaian berbicara tersebut guru dapat mengembangkan instrument
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
|
1.9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi
untuk menentukan ketuntasan belajar
|
26. Diberikan
data penilaian Pembelaran, guru dapat menafsirkan hasil penilaian proses dan
hasil belajar
|
1.9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi
untuk merancang program remedial dan pengayaan.
|
27. Diberi
paparan data hasil penilaian proses dan hasil pembelajaran bahasa
|
1.9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi
kepada pemangku kepentingan.
|
28. Diberikan
difinisi sebuah tes, guru dapat mengidentifikasi jenis tes
|
1.9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi
pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
|
29. Disajikan
data dan hasil penilaian pembelajaran, guru dapat menggunakan hasil informasi
tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa
|
1.10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
|
30. Diberi
deskripsi kasus dalam suatu pembelajaran bahasa
|
2. Kompetensi Profesional
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa
kalimat
|
31. Menerapkan
pengetahuan tentang parfrase dalam berbagai bentuk informasi
|
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam
beberapa kalimat
|
32. Mampu
mengidentifikasi pola-pola isi berita
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan
menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
33. Menguasai
prinsip penggunaan pengalaman siswa sendiri dalam pembelajaran
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat
dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca
memindai
|
34. Menguasai
teknik membaca cepat
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata
per menit
|
35. Membedakan
berbagai jenis analisis bahan bacaan dan menuangkan dalam berbagai cara dalam
durasi waktu tertentu
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
36. Memiliki
kemampuan membedakan berbagai
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
|
37. Mampu
memilah dongeng yang berisi konflik cerita
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi
sekarang
|
38. Memiliki
kemampuan mempertautkan isi dongeng dengan realitas kehidupan
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,
intonasi, gestur, dan mimic yang tepat.
|
39. Mengembangkan
kebiasaan menghayati isi cerita
|
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
40. Mampu
menyelaraskan peraga dengan cerita
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
41. Meningkatkan
kemampuan menyusun parafrase
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
42. Mengenal
secara luas karakteristik puisi lama
|
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang
dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
43. Dapat
memadukan pengetahuan menulis inti pesan dengan pemahaman tentang klasifikasi
rumpun informasi dalam wawancara
|
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan
identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan
kata yang sesuai
|
44. Menguasai
diksi dan teknik penyusunan paragraf argumentasi
|
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa
yang santun
|
45. Membentuk
karakter berbahasa yang beretika
|
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku
biografi yang dibaca secara intensif
|
46. Mengoptimalkan
inetrnet sebagai sumber penyedia buku biografi dan bahan lainnya sebagai
bahan pembelajaran
|
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
|
47. Mampu
menginterpretasi gagasan penting teks
|
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram
yang dibaca
|
48. Menggunakan
secara tepat dan mahir menentuka secara cepat isi pentingtayangan dalam
bentuk tabel dan semacamnya
|
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan
memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
|
49. Mampu
mereproduksi ide dalam beragam bentuk karangan
|
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan
menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun.
|
50. Mengetahu
teknik menulis yang efektif dan efesien
|
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
|
51. Mengembangkan
kemampuan evaluasi dan pemikiran kritis
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
|
52. Memiliki
pengetahuan yang memadai tentang pembacaan cerpen yang ideal
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume
suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
|
53. Mampu
meresepsi dan memvisualisasikan
|
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
54. Memiliki
kemampuan menstimulasi daya imajinasi siswa berdasarkan pengamatan terbatas
|
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang
pernah dialami
|
55. Memilki
kemampuan mengaplikasikan hasil eksplorasi pengalaman dalam mencipta puisi
|
1.1 Menganalisis laporan
|
56. Mampu
merinci unsur-unsur suatu laporan
|
1.2 Menanggapi isi laporan
|
57. Mampu
menata rumpun informasi dalam laporan
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
dengan memperhatikan etika berwawancara
|
58. Memahami
struktur pertanyaan dan pola eksplanasi dalam bertanya
|
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari
ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
|
59. Mengoptimalkan
sumber pembelajaran sebagai rujukan dalam pembelajaran
|
Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya
sesuai dengan yang tertera pada denah
|
60. Memiliki
wawasan yang luas tentang fungsi dan tata cara penggunaan denah
|
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik
dan benar
|
61. Menguasai
kaidah bahasa Indonesia dalam berbagai penerapan
|
Menulis
|
62. Memiliki
pengetahuan rinci tentang surat-menyurat
|
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang
tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
63. Menguasai
teknik penuangan gagasan secara rinci dan berurutan
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
|
64. Memiliki
wawasan tentang unsur-unsur drama dan lakon yang ideal
|
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan
kerangka naskah yang ditulis siswa
|
65. Mampu
mencontohkan berbagai kreasi peran dalam drama
|
7.1 mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
|
66. Memiliki
wawasan yang luas tentang unsur-unsur pembangun karya sastra drama
|
7.2 Membuat sinopsis novel remaja
|
67. Menguasai
tata cara penyusunan sinopsi dan perbendaharaan pengetahuan tentang novel
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan keaslian ide
|
68. Memiliki
pengetahuan tentang kaidah penulisan skenario drama
|
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui
radio/televisi
|
69. Menguasai
teknik penyusunan berita dan pengungkapan informasi utama yang termuat di
dalam berita
|
Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton
melalui radio/televisi
|
70. Memiliki
kemampuan mengorganisasikan pembelajaran berdasarkan penugasan bebas
|
10.1Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
|
71. Mampu
mengemukakan ekspresi dalam beragam nuansa makna
|
1Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang
bertopik sama melalui membaca ekstensif
|
72. Memiliki
wawasan tentang berbagai jenis ide dalam paparan tertulis
|
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui
membaca intensif
|
73. Menguasai
kaidah membaca ekstensif
|
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat
serta artikulasi dan volume suara yang jelas
|
74. Memiliki
pengetahuan tentang kaidah lafal dan suprasegmental
|
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan popular.
|
75. Mampu
mereproduksi isi tulisan
|
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas.
|
76. Menguasai
teknik penulisan yang berlaku dalam jurnalistik
|
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan
pilihan kata dan kalimat yang bervariasi,serta persuasif.
|
77. Membedakan
teknik penyusunan slogan dari poster
|
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli
atau terjemahan) yang dibacakan
|
78. Memiliki
wawasan tenang teknik-teknik penokohan dalam ceita novel
|
Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan)
yang dibacakan.
|
79. Mempu
mengenali alur dalam novel
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau
terjemahan)
|
80. Memiliki
perbendaharaan pengetahuan tentang asal-muasal novel
|
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja
(asli atau terjemahan)
|
81. Memiliki
kemampuan meresensi suatu karya
|
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel
remaja (asli atau terjemahan)
|
82. Memiliki
kemampuan membedakan unsur intrinsik karya sastra
|
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi
puisi
|
83. Memiliki
pengetahuan luas tentang berjenis-jenis karya sastra sejenis puisi
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan
menggunakan pilihan kata yang sesuai
|
84. Memahami
hakikat puisi dan teknik penyusunannya
|
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur
persajakan.
|
85. Memiliki
wawasan tentang persajakan puisi dan prinsip puisi bebas
|
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber
pada tayangan televisi/siaran radio.
|
86. Mampu
mengintegrasikan berbagai pendapat kedalam pernyataan yang bersifat
menyimpulkan
|
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
87. Memiliki
kemampuan menjelaskan kaidah berkomentar
|
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk)
dengan bahasa yang lugas dan santun
|
88. Mampu
menyusun pola tanggapan sebagai acuan melakukan evaluasi
|
Melaporkan secara lisan berbagai
peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas.
|
89. Mampu
mengajarkan pola-pola pelaporan
|
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di
|
90. Memiliki
kamampuan menjelaskan konsep opini dan fakta
|
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan
tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
91. Mampu
melatihkan teknik membaca memindai
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat,
dan jelas
|
92. Memiliki
pengetahuan yang prkatis tentang kaidah penyusunan iklan baris
|
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
93. Berpengalaman
menyusun resensi
|
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan
ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf,
dan kebulatan wacana
|
94. Memiliki
pengetahuan tentang teknik menyunting dan kaidah bahasa yang benar
|
Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
95. Memiliki
pengetahuan tentang simbolisasi dalam syair
|
Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
96. Mampu
mengidentifikasi unsur syair dan menerapkan teknik analisis yang sesuai
|
Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen.
|
97. Mampu
menyusun pola cerita yang disusun berdasarkan cerpen yang dibaca
|
Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan
berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun.
|
98. Memiliki
kemampuan membedakan beragam irama pengungkapan puisi
|
Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen
dalam satu buku kumpulan cerpen.
|
99. Mampu
memberi makna atas isi cerpen dan mentransformasikannya ke dalam realitas
pengalaman
|
2.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang
pernah dialami
|
100.
Memiliki pengetahuan tentang kaidah penulisan cerpen
|
Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khobah
|
101.
Memiliki kemampuan menyimak yang baik dan kaidah
berkomentar
|
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi
yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
|
102.
Menerapkan kaidah berbahasa secara formal
|
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku
melalui kegiatan membaca ekstensif
|
103.
Menguasai tata cara membaca dan mengklasifikasi
rumpun ide dalam bacaan
|
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi
uraian melalui kegiatan membaca intensif.
|
104.
Mengetahui prinsip penggunaan grafik, tabel atau
bagan dalam pembelajaran
|
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca
cepat 200 kata per menit
|
105.
Memiliki kemampuan menyuimak dan teknik membaca cepat
|
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan
berbagai sumber
|
106.
Memiliki wawasan yang lengkap tentang karya ilmiah
|
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif.
|
107.
Memiliki kemampuan mengembangkan berbagai ragam
|
12.3 Menulis
|
108.
Memahami teknik menulis berbagai ragam penulisan
jurnalistik
|
Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang
dibacakan
|
109.
Memiliki kemampuan menganalisis makna yang terkandung
dalam gerak atau pemerian tokok dalam novel
|
Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang
dibacakan
|
110.
Mengenal pola-pola penceritaan novel
|
14. Membahas pementasan drama yang ditulis siswa
|
111.
Mampu mengarahkan siswa dalam penyusunan naskah
pementasan
|
Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa
|
112.
Memiliki orientasi yang jelas dalam menilai
pementasan
|
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam buku novel angkatan 20-30 an
|
113.
Mampu memahami nuansa makna dalam novel
|
Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
114.
Mampu membandingkan berbagai aspek yang dimiliki oleh
novel tahun 20-30-an
|
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah
dibaca
|
115.
Mampu menerjemahkan isi cerpen dan memiliki
pengetahuan tentang penulisan drama
|
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
116.
Mampu mentransformasi pengalaman ke dalam naskah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar