Selasa, 09 Oktober 2012

Gebyar UKG Gebyar MGMP

Gebyar UKG Gebyar MGMP

Sebagai persiapan Uji Kompetensi Guru Online (UKG Online) khususnya bagi guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Purworejo, MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Bedah Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru pada hari ini Selasa, tanggal 9 Oktober 2012. Bertempat di Aula SMP Negeri 15 Purworejo kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahmi antarguru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Purworejo juga merupakan wadah peningkatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Kegiatan Bedah Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru ini diikuti oleh 101 guru Bahasa Indonesia terdiri dari 89 guru SMP negeri dan 12 guru SMP swasta. Sebagaimana dapat dilihat melalui blog MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Purworejo ini calon peserta yang telah mendaftar sampai penutupan pendaftaran sejumlah 89 orang terdiri dari 79 guru SMP negeri dan 10 guru SMP swasta, pada pelaksanaannya peserta melebihi kuota yang ditargetkan oleh panitia penyelenggara. Meskipun ada beberapa calon peserta terdaftar yang tidak hadir, jumlah peserta ini menggambarkan adanya peran serta aktif guru dalam menghadapi UKG Online.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Drs. Muh Yasin, M.Pd. selaku motivator sekaligus narasumber. Dalam sambutan pengarahannya Drs. Muh Yasin, MPd. mengharapkan agar peserta tidak hanya mendapat materi yang tersaji pada pertemuan ini, melainkan mampu memahami secara teknis langkah-langkah mendapatkan informasi melalui surfing di internet, sehingga dapat menindaklanjuti hasil pertemuan secara mandiri di tempat dan kesempatan masing-masing.

 Kegiatan Bedah Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru ini berlangsung selama 2,5 jam dimulai pukul 14.00 dan selesai pukul; 16.30 dengan acara 1) Pembukaan dan Surfing seputar website UKG, 2) Penjelasan teknis pengerjaan soal, 3) Bedah Kisi-Kisi UKG, 4) Mendalami Contoh Soal Pedagogik, dan 5) Pembahasan Soal Kompetensi Profesional.

Dalam pelaksanaan setiap acara memang tidak selalu berjalan mulus sebagaimana yang dirancang oleh panitia kegiatan. Hal ini karena terbatasnya alokasi waktu penyajian, sedangkan materi yang harus dibahas sangat luas. Disamping itu, panitia dan narasumber juga menampung aspirasi peserta serta menyesuaikan langkah - langkah dengan kondisi peserta kegiatan. Sebagai contoh pada acara Pembahasan Soal Kompetensi Profesional berdasarkan usulan salah seorang peserta cukup dengan diberikan kunci jawaban dan setiap peserta dapat melanjutkan pembahasan sendiri di tempat dan pada kesempatan masing-masing.

Tanpa adanya acara seremonial yang 'bertele-tele' kegiatan ini mampu membangkitkan gairah peserta dalam menghadapi UKG, terbukti bahwa seluruh peserta dengan seksama mengikuti dari awal hingga akhir kegiatan.

link berikut dapat membantu pembaca untuk mendapatkan inforfasi berkaitan UKG :
1. http://ukgonline.com/
2. http://www.ujikompetensiguru.com/
3. http://www.ekinerjaguru.org/
4.  LPMP Jawa Tengah
5.  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar