24 NILAI KARAKTER UNTUK SISWA SMP
(Disarikan
dari Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama)
Berdasarkan kajian
nilai-nilai agama, norma-norma sosial, peraturan/hukum, etika akademik,
prinsip-prinsip HAM, SKL SMP, dan SK/KD semua mata pelajaran SMP, telah teridentifikasi lebih dari 80 butir nilai karakter yang dikelompokkan
menjadi lima, yaitu nilai-nilai
perilaku manusia dalam hubungannya dengan (1) Tuhan Yang Maha Esa, (2) diri sendiri, (3) sesama manusia, dan (4) lingkungan, serta (5) kebangsaan.
Namun demikian,
penanaman semua nilai tersebut merupakan hal yang sangat sulit. Oleh karena
itu, pada tingkat SMP dipilih 24 nilai karakter utama yang disarikan dari
butir-butir SKL SMP (Permen Diknas nomor 23 tahun 2006), SK/KD (Permen Diknas
nomor 22 tahun 2006), dan jiwa kewirausahaan. Berikut adalah daftar 24 nilai utama yang dimaksud dan deskripsi ringkasnya.
1.
Kereligiusan
Pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang
diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran
agamanya.
2.
Kejujuran
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan
dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan,
dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
3.
Kecerdasan
Kemampuan seseorang
dalam melakukan suatu tugas secara cermat, tepat, dan cepat.
4.
Ketangguhan
Sikap dan perilaku
pantang menyerah atau tidak pernah putus asa ketika menghadapi berbagai
kesulitan dalam melaksanakan kegiatan atau tugas sehingga mampu mengatasi
kesulitan tersebut dalam mencapai tujuan.
5.
Kedemokratisan
Cara berfikir,
bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang
lain.
6.
Kepedulian
Sikap dan tindakan yang
selalu berupaya mencegah dan memperbaiki penyimpangan dan kerusakan (manusia,
alam, dan tatanan) di sekitar dirinya.
7.
Kemandirian
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung
pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8.
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
Berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan
atau logika untuk menghasilkan cara atau
hasil baru dan termutakhir dari apa yang
telah dimiliki.
9.
Keberanian mengambil risiko
Kesiapan menerima
risiko/akibat yang mungkin timbul dari tindakan nyata.
10.
Berorientasi pada tindakan
Kemampuan untuk
mewujudkan gagasan menjadi tindakan nyata.
11.
Berjiwa kepemimpinan
Kemampuan mengarahkan
dan mengajak individu atau kelompok untuk mencapai tujuan dengan berpegang pada
asas-asas kepemimpinan berbasis budaya bangsa.
12.
Kerja keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan guna
menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.
13.
Tanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan
tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri
sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara dan Tuhan
YME.
14.
Gaya hidup sehat
Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik
dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat
mengganggu kesehatan.
15.
Kedisiplinan
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
16.
Percaya diri
Sikap
yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya.
17.
Keingintahuan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk
mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat, dan
didengar.
18.
Cinta ilmu
Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan.
19.
Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang
lain
Sikap tahu
dan mengerti serta melaksanakan apa yang menjadi milik/hak diri sendiri dan
orang lain serta tugas/kewajiban
diri sendiri serta orang lain.
20.
Kepatuhan terhadap aturan-aturan sosial
Sikap
menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat
dan kepentingan umum.
21.
Menghargai
karya dan prestasi orang lain
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.
22.
Kesantunan
Sifat yang
halus dan baik dari sudut pandang tata
bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
23.
Nasionalisme
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa,
lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.
24.
Menghargai keberagaman
Sikap memberikan respek/hormat terhadap berbagai
macam hal baik yang berbentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama.
Di antara butir-butir
nilai tersebut di atas, enam butir dipilih sebagai nilai-nilai pokok sebagai
pangkal tolak pengembangan, yaitu:
1. Kereligiusan
2. Kejujuran
3. Kecerdasan
4. Ketangguhan
5. Kedemokratisan
6. Kepedulian
Keenam butir nilai tersebut ditanamkan
melalui semua mata pelajaran dengan intensitas penanaman lebih dibandingkan penanaman
nilai-nilai lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar